Recent Posts Widget

Thursday 14 April 2016

Mengenal Jenis Jenis Kebaya di Indonesia

Pakaian kebaya adalah satu jenis pakaian tradisional Indonesia yang memiliki tempat tersendiri di hati para peminatnya. Bahan dan model dari baju kebaya yang sangat banyak akan sangat mudah sekali dibuat modifikasi yang tentunya akan membuat model baru dari baju kebaya itu sendiri. 
 
Berbicara mengenai model baju kebaya, berikut adalah beberapa model baju kebaya yang ada di Indonesia.


1. Kebaya Kartini
Kebaya Kartini

Model kebaya ini pada dulunya dipakai oleh perempuan ningrat saat era R.A Kartini. Jadi, kebaya Jawa juga identik dengan sebutan kebaya Kartini. Potongan dari jenis kebaya ini mirip dengan kebaya Encim, yang membedakannya adalah lipatan pada bagian dada. Ciri lain dari kebaya Jawa adalah panjang kebaya yang menutup panggul, dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertikal, yang membuat kesan pemakainya tinggi dan ramping.
 
2. Kebaya Jawa
Kebaya Jawa

Jenis kebaya ini memiliki bentuk yang simpel dengan potongan leher V. Motifnya biasa sehingga memberikan kesan sederhana. Biasanya kebaya Jawa terbuat dari kain transparan bermotif yang di padu-padankan dengan pakaian dalam atas
 
3. Kebaya Encim 
Kebaya Encim

Kebaya Encim merupakan perpaduan antara baju Shanghai khas China dan Kebaya khas Melayu. Kebaya Encim umumnya dibuat dengan bahan organdi atau katun. Yang membedakan kebaya ini dari jenis-jenis kebaya lainnya adalah, model kerah V dengan bordiran sepanjang kerah sampai bawah.
 
4 Kebaya Bali
Kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki tambahan bentuk detail pada tambahan obi  yang melilit pada bagian pinggang. Biasanya bahan dari kebaya Bali terbuat dari brokat dan kain katun. Tambahan obi ada yang bisa langsung dipasangkan pada kebaya atau bisa ditambahkan kain yang terpisah dari kebaya.
 
5. Kebaya Kutu Baru
Kebaya Kutu Baru

Bentuk dasar dari kebaya Kutubaru sama dengan jenis-jenis kebaya lainnya. Yang membedakan adalah tambahan kain untuk menghubungkan sisi kiri dan kanan kebaya di bagian dada dan perut. Biasanya dalam pemakaian jenis kebaya ini ditambahkan stagen (kain yang dililitkan pada perut) atau korset supaya pemakaianya terlihat lebih langsing.

 Berbagai jenis kebaya tersebut telah menyebar menjdi kebaya nasional, dan sepertinya kebaya Kutu Baru sedang mengalami trend akhir akhir ini. Bagaimana, mana pilihan anda? 
 
 



0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut