Recent Posts Widget

Friday 1 April 2016

Ketauhi Cara Menyimpan Daging Secara Benar

Menyimpan daging tidak boleh sembarangan apalagi asal masuk kulkas. Perlakuan daging sapi / kambing juga berbeda dengan daging ayam maupun ikan. Daging sapi / kambing yang ingin disimpan didalam kulkas sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu seperti saat akan menyimpan daging ayam. Karena air kran yang tertinggala dalam daging sapi/kambing akan semakin cepat membuat daging tersebut membusuk. Nah, untuk lebih jelasnya inilah cara menyimpan daging dengan benar.



1. Bagi-bagi daging yang Anda beli dalam wadah-wadah untuk satu kali memasak. Lebih baik jika Anda menempatkan daging dalam kantong yang bisa divacum atau kedap udara. Dalam hai ini bisa juga menggunakan wadah yang ada penutupnya.

2. Jika daging dibeli pagi hari untuk langsung dimasak siang hari, tak perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Jika untuk dimasak malam hari, masukkan dalam kulkas bawah (chiller).


3. Daging yang disimpan di kulkas bawah dengan suhu terjaga 3 – 5 derajat Celsius, bisa bertahan 2 – 3 hari.

4. Daging yang ingin dimasak beberapa hari ke depan bisa disimpan di dalam freezer. Dengan kualitas daging yang bagus dan kemasan yang benar, daging bisa bertahan 6 – 9 bulan di dalam freezer. Kantong vacum menjaga citarasa daging tidak menurun.

5. Keluarkan daging dari dalam freezer sehari sebelum dimasak. Pindahkan ke dalam kulkas bawah. 


6. Jangan bekukan lagi daging yang telah dicairkan, karena berisiko berkembangnya bakteri. Itulah sebabnya penting mengemas daging untuk satu kali memasak.

7. Lebih baik lagi jika sebelum dimasak, daging dikeluarkan dari kulkas bawah beberapa jam sebelumnya, hingga mencapai suhu ruang. Cara ini terutama penting untuk daging yang ingin di-grill, agar daging menjadi relaks dulu dan tidak alot.


8. Jangan mencampur daging yang disimpan dalam freezer, misalkan daging matang dengan daging mentah karena akan beresiko timbul bakteri. 

9. Catat tanggal penyimpanan dalam wadah untuk mengingatkan Anda mengenai berapa lama daging sapi telah disimpan dalam lemari pendingin.

10. Jangan satukan daging berbeda jenis dalam satu tempat/bungkusan; seperti ayam dengan sapi. Ataupun berbeda waktu beli, gunakan daging yang dibeli terakhir terlebih dahulu.

11. Kadangkala suhu terlalu beku akan merubah tekstur daging, jika masih dapat digunakan atau dikonsumsi; gunakan dalam menu hidangan seperti semur yang memerlukan pemasakan yang lama dengan banyak bumbu.

12. Harap diingat, pemasakan yang terlalu lama akan mengurangi kebaikan nutrisi dari daging. Pilih hidangan yang cocok dan memberikan gizi yang diharapkan.

13. Jika mencurigai kondisi daging yang jelek, misalnya berbau, berubah warna; jangan digunakan sama sekali. Lebih baik menyingkirkannya daripada harus mengalami gangguan kesehatan yang buruk seperti keracunan makanan.

14. Untuk pembelian dalam jumlah banyak dari kondisi beku dari toko, simpan daging dalam cool box selama perjalanan pulang. Daging yang masih setengah beku akan bertahan lebih lama jika langsung disimpan dalam freezer. 

Nah, sekarang sudah tahu kan cara menyimpan daging dengan benar. Dengan menyimmpan daging secara benar, maka kandungana nutrisi dalam daging akan lebih terjaga dan cita rasa daging tidak berubah. 

Selamat mencoba ya : )





Baca juga : Cara Memilih Daging dengan Benar
 



dari berbagai sumber

1 comment:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut