Recent Posts Widget

Friday 27 May 2016

Cara Membuat Jus Yang Benar

Makan dan minuman yang sehat adalah hal yang harus kita cukupi selama kegiatan makan. Asupan sayur dan buah yang kurang dapat disiasati dengan mengkonsumsi jus buah atau jus sayuran. Pembuatan jus buah sayuran ini harus tepat supaya kandungan dalam buah maupun sayuran tidak berkurang bahkan hilang. 
Nah inilah beberapa tips agar Anda bisa membuat jus denga baik dan benar. 


a. Pastikan Anda memilih dan menggunakan juicer yan bermata pisau baik (tajam) 
Hal ini untuk memastikan bahwa buah yang diproses dalam juicer dapat hancur dan bercampur dengan baik dan sempurna. Dengan begitu, kandungan yang terkandung di dalam bbuah dan sayuran akan maksimal terserap ke dalam tubuh. 

b. Pilih buah dan sayuran yang berkualitas baik
Ini sangatlah penting karena enak tidaknya jus sangat diperngaruhi oleh kualitas buah ataupun sayuran yang kita jus. Pilihlah buah yang masih segar dan matang sempurna agar rasa alami dari buah tersebut cukup untuk menggantikan gula. Ketahui pula buah buah mana saja yang harus dikupas dan yang tak perlu dikupas. 
Buah yang harus dikupas misalnya : pisang, melon, semangka, dll. Sedangkan buah yang tak perlu dikupas misalnya : Apel, anggur, stroberi, dll. 

c. Hindari penambahan gula dan susu untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dari jus
Susu yang dicampur dengan buah sebenarnya tidak bagus, karena kandungan susu akan menjadi netral ketika bertemu dengan buah. begitupun buah, kandungan vitamin dalam buah akan menjadi netral jika bertemu dengan susu. Untuk itu, tak perlu menggunakan tambahan susu dalam membuat jus. 
Penggunakan gula juga dapat Anda ganti dengan kurma yang juga memberikan rasa manis alami dan kurma juga mengandung serat, sehingga akan menambah kandungan dalam jus Anda.

d. Jangan simpan Jus Anda
Jus yang terlalu lama disimpan akan kehilangan kandungan yang terdapat didalamnya. Hal ini dikarenakan selama proses penyimpanan terjadi oksidasi yang akhirnya mengurangi kandungan dalam jus. Baiknya, segera minum habis jus Anda ketika  selesai dibuat agar manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal. 

 e. Jangan Saring Jus
Penggunaan saringan pada penyajian jus buah dan sayur justru akan membuang sari sari jus yang ada. Jika memang tak ada biji yang harus dibuang baiknya langsung dituangkan saja ke gelas saji . 




dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut