Recent Posts Widget

Monday 4 April 2016

Yuk Bikin Churros !

Churros, pernah dengar nama itu? Churros memang masih jarang ditemui di Indonesia, namun akhir akhir ini mulai banyak yang menjual churros ini. Nah apa dan gimana sih churros itu? 

________________________________________________________________________
" Churros adalah penganan ringan khas Spanyol yang kini mulai populer di Indonesia. Anda dapat menikmati churros untuk sarapan atau di sela-sela makanan pokok. Bentuk churros biasanya panjang dan berbentuk bintang, karena dibuat denan mengunakan kantong semprot dengan ujung yang berentuk seperti bintang." 
 _______________________________________________________________"wikipedia"

Churros dengan topping gula halus





Sebenarnya membuat churros sangatlah mudah. Di Spanyol sendiri churros sering disebut sebagai donat (Donatnya Spanyol). Bahan bahan yang disediakan juga hampir semuanya ready didapur. Churros sendiri memiliki banyak varian topping mulai dari coklat, tiramisu, capucino, atau cukup dengan taburan gula halus dan bubuk kayu manis seperti gambar diatas.

Nah, langsung aja yuk bikin churros nya. 

Bahan- bahan : 

100 gr Tepung terigu segitiga biru (yang lain boleh)
75gr Margarin
125ml Susu cair
1 butir Telur
Gula halus (untuk taburan, bisa diganti sesuai selera) 
Minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat : 
1. Dalam wadah masukkan susu cair dan campurkan dengan margarin, masak diatas api kecil sampai mendidih lalu perlahan lahan masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan. Masak hingga mengental.

2. Setelah adonan mengental, matikan api dan terus aduk aduk hingga adonan tercampur sempurna dan uap panasnya hilang. 

3. Masukkan telur dan aduk terus sampai telur benar benar tercapur rata dengan adonan.

4. Masukkan ke dalam pipping bag dan beri spuit berbentuk bintang.

5. Nyalakan api dan tunggu sampai minyak benar benar panas, lalu bentuk adonan churros langsung diatas minyak goreng dengan api kecil. Atau bisa juga dibentuk terlebih dahulu dengan diatas loyang yang dilapisi papercake supaya mudah diambil, baru dimasukkan ke dalam minyak seperti menggoreng biasa. 

6. Goreng bolak balik sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Matikan api dan sajikan bersama topping sesuai selera selagi hangat. 


source : pengalaman pribadi

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut