Recent Posts Widget

Sunday 6 March 2016

10 Nilai yang Dapat Ditanamkan pada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonis


Tak dapat dipungkiri lagi di jaman globalisasi ini media teknologi mengambil peran penting dalam kehidupan sehari hari. Kekhawatiran orang tua dalam mendidik anak anaknya sangat lah perlu supaya anak anak tidak mudah terjerumus pada gaya hidup yang salah, termasuk hedonis. 


Nah kiat kiat apa saja yang dapat ditanamkan kepada anak anak agar terhindar dari gaya hidup hedonis tersebut?


1. Dekatkan Diri Kepada Tuhan

 
   Ajaran agama yang kuat akan menuntun seseorang untuk berada di jalan yang benar. Oleh karena itu, didiklah mereka untuk dekat dengan Tuhannya suapaya mereka tidak mudah tergoda oleh kenikamatan dunia yang hanya sememntara.

2. Hidup Sederhana



   Kesederhanaan adalah awal dari kebahagiaan. Karena itu, sejak anak akan masih kecil, berilah pengertiana bahwa hidup sederhana bukan berarti selalu kekurangan, melainkan sebuah cara hidup yang menjauhkan diri dari sikap tamak, sombong dan serakah.

3. Bekerja Keras


   Anak anak harus diberi pengertian untuk memhamai bahwa untuk bisa bertahan hidup, mereka harus bekerja keras. Bekerja adalah sebuah kewajiban karena ketika mereka sudah berumahtangga nanti, bekerja akan menjadi salah satu bentuk amal ibadah.

4. Tidak Komsumtif


   Didiklah anak anak sedari dini untuk menggunakan uang dengan bijaksana. Arahakn untuk tidak bersikap konsumtif, belanja hanya kebutuhan yang diperlukan saja.

5. Jangan Selalu Menuruti Semua Keinginannya 


   Jangan selalu menuruti keingannya anak ANda supaya mereka tidak tumbuh menjadi pribadi yang egois dan manja.

6. Selalu bersyukur


  Terkadang kesulitann hidup yang dihadapi seseorang dapat membuat seseorang menjadi lebih bersyukur. Karenanya, penting bagi mereka untuk di ajari rasa bersyukur atas apa yang telah mereka miliki.

7. Berhati Hati Memilih Teman



   Bagi anak anak, teman adalah salah satu pengaruh terbesar dalam hidupnya. Arahkan mereka untuk dapat memilih teman yang dapat memberikan manfaat dan kebaikan , bukan malah sebaliknya.

8. Harta Bukanlah Segalanya


   Berilah pengertian secara lembut kepada anak anak bahwa harta di dunia ini hanyalah sementara dan bukanlah segalanya. kebahagiaan sejati hanyalah datang dari hati nurani yang merasa damai bersama keluarga yang bahagia.

9.Tidak Mudah Merasa Iri Dengan Orang Lain


  Ajarkan kepada anak untuk tidak gampang iri terhadap apa yang dimiliki orang lain atau teman. Ajari mereka untuk berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkannya. Itu lebih baik.

10. Jadikan Anda sebagai Role Model bagi Mereka


  Anak anak adalah peniru ulung, maka biarkan anak anak melihat contoh melalui teladan nyata yang dilakukan orang tuanya. Karenanya, berusahalah juga untuk memberikan contoh hidup yang bersahaja supaya mereka terdorong unuk melalukan hal yang sama.

sumur :rahasiaparenting

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut